Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak kekayaan alam dan kekayaan budaya. Secara geografis, Provinsi Riau terbagi atas dua bagian yaitu Riau Daratan dan Kepulauan Riau. Di Provinsi Riau, terdapat sebuah kabupaten yang bernama Siak Indrapura yang memiliki beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga. Yuk kita lihat satu persatu.

1. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Rri Indrapura

Istana Siak Rri Indrapura

Untuk mengunjungi kabupaten Siak Indrapura, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari kota Pekanbaru. Pada zaman dahulu, Siak merupakan salah satu pusat kesultanan Islam terbesar di Provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki beberapa bangunan bersejarah yang pada umumnya saat ini berfungsi sebagai perkantoran, tempat tinggal, penginapan dan toka oleh penduduk Siak. Sejarah kesultanan Siak yang cukup panjang telah meninggalkan warisan peradaban Melayu yang mengagumkan yang dapat dibanggakan oleh Bangsa Indonesia.

Pengelolaan Istana Siak saat ini telah diserahkan kepada Pemerintah Daerah. Perawatan Istana Siak ini dapat dikatakan cukup baik. Didalam Istana Siak, kita dapat melihat banyak barang-barang peninggalan Sultan Siak. Pada masa kejayaannya, Kesultanan Siak dikenal sebagai sebuah kerajaan bahari yang cukup kuat dan menjadi salah satu keuatan yang diperhitungkan di daerah pesisi timur Sumatera dan Semenanjung Malaya di tengah tekanan imperialism Eropa.

2. Jembatan Siak

Jembatan Siak Sri Indrapura

Jembatan Siak Sri Indrapura

Selain Istana Siak Indrapura, tempat wisata lain yang terdapat di kabupaten Siak adalah Jembatan Istana Siak. Jembatan ini terletak sekitar 100 meter di sebelah Tenggaran Kompleks Istana Siak. Dulunya jembatan ini dijadikan sebagai ikon dari Kabupaten Siak. Jembatan ini didirikan pada tahun 1899. Di bawah jembatan ini, terdapat sungai yang pada zaman dahulu digunakan sebagai parit pertahanan komplek istana.

3. Masjid Syahabuddin

Masjid Syahabuddin merupakan masjid Kerajaan Siak. Masjid ini ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Kasim I dengan ukuran 21.6 x 18.5 meter. Bangunan ini telah mengalami perbaikan beberapa kali namun masih tetap mempertahankan bentuk aslinya.

4. Makam Sultan Kasim II

Makam Sultan Kasim II terletak di belakang Masjid Syahabuddin. Sultan Kasim II merupakan Sultan terkhir Kesultanan Siak Indrapura. Beliau mangkat pada 23 April 1968. Jirat makam sultan dibuat berbentuk 4 undak dari tegel dan marmer berukuran panjang 305 cm, lebar 153 cm dengan tinggi sekitar 110 cm. Nisan makan ini terbuat dari kayu yang berukir motif suluran-suluran.

Incoming search terms:

  • tempat wisata di siak
  • objek wisata di siak
  • wisata siak
  • objek wisata siak
  • wisata di siak
  • tempat wisata di riau
  • tempat wisata di siak sri indrapura
  • tempat wisata siak
  • wisata kabupaten siak
  • Tempat rekreasi di siak